Beranda Analisa Forex Konflik Perdagangan AS Dengan China Semakin Memanas

Konflik Perdagangan AS Dengan China Semakin Memanas

28
0
BERBAGI

Kemelut di antara Amerika Serikat AS serta China semakin menghangat.

Pemerintah Donald Trump meningkatkan 28 perusahaan China masuk ke daftar hitam blacklist perdagangan di negaranya.

Hal tersebut dikerjakan malah mendekati perundingan tingkat tinggi yang direncanakan kedua-duanya pada 10-11 Oktober 2019.

AS blacklist sabanyak 28 perusahaan China itu jadi hukuman atas dakwaan keterkaitan dalam pelanggaran hak asasi manusia pada minoritas Muslim di daerah Xinjiang.

Delapan dari perusahaan yang masuk daftar hitam itu adalah raksasa tehnologi China.

Dua produsen camera pengawas yang berdasar sebagian catatan mengatur sepertiga pasar global camera pengintai serta mempunyai camera di penjuru dunia masuk dalam daftar baru itu.

Kedua-duanya ialah Hangzhou Hikvision Digital Technology serta Zhejiang Dahua Technology.

Perusahaan start up kecerdasan bikinan atau artificial intelligence dengan valuasi paling besar di dunia, SenseTime Grup Ltd, masuk juga dalam daftar hitam itu.

Megvii Technology Ltd yang akan menggalang dana melalui Initial Public Offering seputar US$1 miliar di bursa Hong Kong tidak lepas dari blacklist Trump.

Walau sebenarnya, ke-2 perusahaan yang di dukung oleh Alibaba Grup Holding itu ada di garis depan untuk sampai tekad China untuk menguasai pasar kecerdasan bikinan di AS sepanjang beberapa waktu ke depan.

Entitas yang masuk dalam daftar hitam dilarang lakukan usaha dengan perusahaan tanpa ada lisensi pemerintah AS, walau ada sebagian dari mereka memakai jalan singkat dengan manfaatkan anak usaha internasional.

Dengan spesial, entitas ini sudah terjebak dalam pelanggaran HAM serta pelanggaran dalam penerapan kampanye penindasan China, penahanan massal sewenang-wenang.

Pengawasan berteknologi tinggi pada masyarakat Uighur, Kazakh, dan anggota barisan minoritas Muslim yang lain di Xinjiang, kata Departemen Perdagangan AS dalam info resminya yang diambil Bloomberg, Selasa 8/10.

Dengan masuknya 28 perusahaan ke daftar hitam, mereka dilarang beli elemen dari perusahaan AS tanpa ada kesepakatan pemerintah AS. Ini punya potensi melumpuhkan produksinya.

Kebijaksanaan ini ikuti bikin biru yang sama yang dipakai AS dalam usahanya batasi dampak Huawei Technologies Co Ltd dengan fakta keamanan nasional.

Hikvision adalah perusahaan dengan nilai kapitalisasi seputar US$ 42 miliar. SenseTime salah satu unicorn AI paling bernilai di dunia, sedang Megvii sekarang berharga seputar US$ 4 miliar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.