Beranda Analisa Forex Donald Trump Klaim Perundingan Dagang Berjalan Alot

Donald Trump Klaim Perundingan Dagang Berjalan Alot

29
0
BERBAGI
President Donald Trump steps off Air Force One after arriving at Andrews Air Force Base, Thursday, Sept. 26, 2019, in Andrews Air Force Base, Md. Trump had spent the week attending the United Nations General Assembly in New York. (AP Photo/Evan Vucci)

Prospek terdapatnya perkembangan dalam perundingan perdagangan AS dengan China nampaknya meredup. Ada dua signal yang tunjukkan ini.

Pertama, Washington masukkan perusahaan-perusahaan China ke daftar hitam atas perlakuan Beijing pada barisan minoritas etnis Muslim.

Ke-2, Presiden Donald Trump menjelaskan benar-benar mustahil untuk sampai persetujuan dalam soal perdagangan dalam kurun waktu sesaat.

Langkah yang diambil dari Departemen Perdagangan AS bisa perdalam perpecahan di antara Washington serta Beijing pada titik gawat dalam perang dagang yang telah berjalan sepanjang 15 bulan paling akhir.

Perang dagang ini sudah mengguncangkan pasar keuangan serta menyebabkan perlambatan ekonomi global.

Hal-hal lain yang jadi pro-kontra yang meluas ialah terdapatnya tweet dari petinggi Asosiasi Bola Basket Nasional AS.

Supportnya pada tindakan protes pro demokrasi Hong Kong yang selanjutnya mendapatkan peringatan dari NBA, menyebabkan reaksi keras.

Trump serta penasihat ekonomi intinya, Larry Kudlow, cukup optimis mengenai perundingan dengan China yang akan berjalan minggu ini.

Ini adalah musyawarah level tertinggi untuk pertama kali dalam dua bulan. Namun Trump bersikukuh ia tidak senang dengan persetujuan parsial.

Kami fikir akan ada kesempatan buat kami untuk dapat lakukan suatu hal yang benar-benar signifikan, tegas Trump, mengacu pada perbincangan tingkat menteri yang direncanakan akhir minggu ini.

Saya lebih senang persetujuan besar serta saya fikir itu arah kami. Waktu diberi pertanyaan mengenai terdapatnya perkembangan dalam pertemuan pada minggu ini, Trump terdengar lebih skeptis. Dapatkah suatu hal berlangsung? Kurasa, mungkin. Siapa tahu.

Tetapi kurasa itu mustahil, tuturnya. Trump mengharap China temukan resolusi yang manusiawi serta damai untuk protes di Hong Kong, serta mengingatkan kondisi itu punya potensi untuk melukai perundingan perdagangan.

Bila suatu hal yang jelek berlangsung, saya fikir itu bisa menjadi hal yang benar-benar jelek untuk negosiasi.

Saya fikir dengan politis itu akan susah, tuturnya pada wartawan di Gedung Putih.

Polisi di Hong Kong sudah memakai peluru karet, gas air mata serta meriam air dalam hadapi tindakan pengunjuk rasa pro demokrasi di Hong Kong, yang sudah mengakibatkan negara kota itu terperosok ke kritis politik terjelek dalam beberapa dekade.

Beijing melihat suport A.S. untuk protes pro-demokrasi di Hong Kong mengganggu kedaulatannya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.