Beranda Analisa Forex Beberapa Faktor Yang Membuat Safe Haven Naik

Beberapa Faktor Yang Membuat Safe Haven Naik

58
0
BERBAGI

Dalam perdagangan dua hari paling akhir yen kuat 0,83% sesaat empat hari awalnya melemah 0,94%.

Keinginan pada yen jadi asset aman safe haven bertambah cepat dalam dua hari paling akhir karena kekhawatiran akan berlangsungnya krisis di AS.

Berdasar survey US National Association for Business Economics NABE yang menyertakan 226 lembaga, 42% responden memprediksi AS akan alami krisis pada Februari 2020.

Saat negara dengan nilai ekonomi paling besar dunia lesu, tentu saja keinginan untuk import dari negara lain akan alami penurunan, efeknya akan menyeret dalam perkembangan ekonomi global.

Rumor krisis di AS kembali muncul sesudah Institute fo Suplai Management memberikan laporan angka Purchasing Managers’ Index manufaktur AS periode September ada di 47,8. Turun dibanding bulan awalnya yang sebesar 49,1.

Indeks ini memakai angka 50 jadi ujung batas, dibawah 50 berarti kontraksi yaitu kegiatan bidang manufaktur makin berkurang, sesaat di atas 50 bermakna ekspansi atau penambahan kegiatan.

Kontraksi yang dirasakan bidang manufaktur AS di bulan September itu adalah yang terdalam semenjak satu dekade paling akhir, persisnya semenjak Juni 2009 saat krisis AS 2007-2009 selesai.

Sesudah launching data itu, giliran Automatic Data Processing Inc ADP memberikan laporan pelemahan pasar tenaga kerja AS.

Selama bulan September ekonomi AS diadukan menyerap 135.000 tenaga kerja di luar bidang pertanian.

Data itu lebih rendah dari bulan Agustus sekitar 157.000 tenaga kerja.

Rumor krisis di AS diperburuk dengan kekuatan perang dagang AS dengan Uni Eropa.

Organisasi Perdagangan Dunia WTO memenangi tuntutan AS yang menyebutkan Uni Eropa memberi subsidi pada Airbus hingga memunculkan kompetisi tidak sehat bersama perusahaan pembuat pesawat yang lain seperti Boeing.

Sidang panel WTO mengatakan AS menanggung derita kerugian sampai US$ 7,5 miliar per tahun.

Ketetapan WTO ini jadi pembenaran buat gagasan AS untuk mengaplikasikan bea masuk pada importasi beberapa produk dari Eropa.

Washington menyarankan pengenaan bea masuk buat importasi sampai US$ 11 miliar.

Waktu perang dagang AS-China sedang berkurang serta kemungkinan ada persetujuan dagang, sekarang ada kekuatan perang dagang AS dengan Uni Eropa.

Masalah buat ekonomi dunia seolah tidak segera selesai, serta aset-aset safe haven jadi arah investasi aktor pasar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.