Beranda Analisa Forex Analisa GBPUSD 13 Mei 2019

Analisa GBPUSD 13 Mei 2019

58
0
BERBAGI

GBP/USD pada sesi perdagangan Jum’at akhir pekan lalu (10/05) mengalami sedikit penurunan dari level pembukaan 1.3010, dan ditutup pada level 1.2995. Kemungkinan besar, konsolidasi masih akan berlanjut hari ini, sebelum penurunan lebih jauh terjadi.

Sisi Fundamental

Safe-haven yen menguat sedikit dan yuan Tiongkok dan dolar Australia merosot pada hari Senin. Itu terjadi setelah eskalasi terbaru dalam perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Dua negara ekonomi terbesar di dunia itu menemui jalan buntu atas perundingan perdagangan pada hari Minggu. Itu ketika Washington menuntut janji perubahan konkret terhadap hukum Tiongkok. Beijing secara spontan mengatakan tidak akan menelan “buah pahit” yang merusak kepentingannya.

Konflik perdagangan telah meningkat pada hari Jumat. Amerika Serikat menaikkan tarif barang-barang China senilai $200 miliar. China telah berjanji untuk membalas tetapi belum memberikan rincian.

Presiden AS Donald Trump dan timpalannya dari China Xi Jinping kemungkinan akan bertemu pada pertemuan puncak G20 di Jepang pada akhir Juni dan membahas perdagangan, kata penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pada hari Minggu.

Yuan mundur ke posisi terendah empat bulan baik di pasar darat dan lepas pantai. Ini turun sekitar 0.5% menjadi 6.8533 per dolar dalam perdagangan darat, terendah sejak 8 Januari.

Dolar melemah 0.15% pada level 109.790 yen, mendekati level terendah tiga bulan di 109.470 pada akhir pekan lalu.

Koji Fukaya, direktur FPG Securities di Tokyo, merujuk pada “flash crash” singkat greenback di bawah 105 yen pada awal Januari. Ia mengatakan :

“Kisaran dolar / yen jelas telah bergeser lebih rendah. Tetapi sulit untuk melihat dolar jatuh kembali ke posisi terendahnya terhadap yen pada awal tahun, mengingat betapa relatif kuatnya data ekonomi AS baru-baru ini”.

“Ini akan menjadi masalah mencoba untuk melihat bagaimana konflik perdagangan datang untuk lebih mempengaruhi ekonomi, seperti Amerika Serikat”.

Dolar Australia merosot 0.3% menjadi $0.6976. Penurunan di bawah $0.6960 akan membawa mata uang, sudah dibebani oleh pergeseran dovish oleh Reserve Bank of Australia, ke level terendah sejak awal Januari.

Sisi Teknikal

Dari sisi teknikal H4, kita bisa lihat bahwa saat ini GBP/USD mengalami konsolidasi lanjutan di sekitar level 1.3038 hingga level 1.2986. Kemungkinan besar, penurunan masih akan terus berlanjut meskipun ada kemungkinan harga akan retest ke sekitar area 1.3075.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.